Penanaman Sereh Wangi di Arboretum

Pada tanggal 10 Juni 2021, Arboretum Balai Diklat LHK Samarinda mencoba menambah koleksi tanaman obat pada lahan kosong di sela-sela pohon koleksi dengan menanam jenis tanaman sereh wangi.

Tanaman sereh (Cymbopogon nardus L. Rendle) merupakan tanaman yang memiliki potensi ekonomi cukup tinggi, karena tanaman ini banyak dimanfaatkan untuk dikonsumsi, aromaterapi dan pestisida alami. Sereh mempunyai nama daerah yaitu serai wangi (Malaysia), citronella grass (Inggris), dan sereh (Indonesia) (Quattrocchi, 2006:548)

Tanaman sereh mempunyai tekstur yang lemas dan sulit patah. Tulang daun tanaman ini berbentuk sejajar dan apabila daunnya dipecah atau diremas akan berbau wangi. Pangkal batang tanaman sereh ini membesar dan mempunyai pelepah daun berwarna kuning kehijauan bercampur dengan warna merah keunguan. Bentuk tanaman ini menyerupai rumput, berumpun banyak dan mengumpul menjadi gerombol besar. Batangnya melengkung sampai 2/3 bagian panjang daunnya
(Emmyzar dkk., 2002)

Semoga jenis tanaman ini tumbuh dengan baik di Arboretum Balai Diklat LHK Samarinda dan dapat dimanfaatkan baik untuk kegiatan mendukung kediklatan (sarana praktek) maupun untuk tanaman obat, etc.

Leave a Reply

Your email address will not be published.